Memori Pesan Android Selalu Penuh ? Ini Solusinya

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Jika android anda tidak bisa menerima pesan dan selalu muncul pemberitahuan "memori pesan penuh" padahal anda selalu menghapus pesan-pesan anda, bahkan semua pesan sudah dihapus, namun tetap saja muncul masalah yang sama. Admin punya solusinya, berdasarkan referensi yang admin baca ( Koran Solopos ) berarti memori internal anda penuh, karena aplikasi seperti perpesanan, telepon, dan sejenisnya ( aplikasi sistem ) biasanya ( secara default ) menyimpan data-data nya di memori internal. Sehingga meskipun anda menghapus semua pesan di perpesanan, apabila memori internal dipenuhi oleh aplikasi lain, tentunya tidak terlalu berpengaruh. Solusinya adalah melegakan memori internal. Berikut tips melegakan memori internal :
@ Hapus Cache Aplikasi
Cache aplikasi ( baik sistem maupun pengguna ) biasanya disimpan di memori internal, anda bisa menghapusnya melalui aplikasi App Cache Cleaner ( Bisa dicari di Playstore ) atau aplikasi sejenisnya.
@ Pindahkan Data Aplikasi ke Memori Eksternal
Data aplikasi secara default ( baca : biasanya ) disimpan di memori internal, nah, anda bisa memindahkan data aplikasi ke memori eksternal untuk melegakan memori internal, memang beberapa aplikasi datanya tidak bisa dipindahkan dengan cara biasa, namun jika android anda sudah diroot, anda bisa melakukan berbagai metode ( akan admin bahas pada kesempatan yang akan datang ) agar bisa memindahkan data aplikasi ke memori eksternal.
@ Hapus Aplikasi Tidak Penting
Telah dibahas pada point sebelumnya, jika anda belum melakukan root pada android anda, beberapa aplikasi datanya tidak dapat dipindahkan ke memori eksternal, dan beberapa komponen seperti file aplikasi itu sendiri tidak bisa dipindah dari memori internal ( kecuali jika anda sudah melakukan root pada android anda ), maka dari itu lebih baik hapus aplikasi tidak penting di android anda.
@ Hapus / Pindahkan File di Memori Internal ke Memori Eksternal
Beberapa ponsel memang memberikan akses pada penyimpanan internal, anda bisa menghapus / memindahkan file seperti foto, video, dan lain-lain yang ada di memori internal ke memori eksternal.
@ Hapus File atau Aplikasi Sistem yang Tidak Perlu
Jika anda mempunyai akses root pada ponsel maka anda bisa menghapus beberapa aplikasi sistem yang tidak penting dan tentunya hanya akan memenuhi penyimpanan internal anda.. Namun cara ini tergolong beresiko karena jika anda salah menghapus file sistem, bisa berakibat fatal pada ponsel anda, ponsel bisa berfungsi tidak semestinya.. [ Admin tidak bertanggung jawab atas kerusakan ponsel bila anda melakukan kesalahan dalam menerapkan cara-cara diatas sehingga menyebabkan malfungsi ]
Diolah dari : Koran Solopos edisi Minggu 10 Mei 2015
Tag : Android
Back To Top