Jenis-Jenis Lampu

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Assalamu'alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh

Siapa yang tak kenal lampu ? Hampir semua orang tahu apa itu lampu.. Lampu adalah salah satu alat yang dapat mengubah energi listrik menjadi cahaya.. Lampu biasa digunakan sebagai penerang, walaupun ada juga yang memanfaatkan lampu pada energi panasnya.. Kali ini admin akan bagikan ilmu tentang jenis-jenis lampu yang admin olah dari Buku Prakarya Kelas VIII semester 2 Kurikulum 2013.. Admin hanya akan membahas 4 jenis lampu secara ringkas.. berikut isinya :


  • Lampu Halogen


Lampu Halogen adalah lampu pijar yang dimana sebuah filamen wolfram disegel pada sampul transparan kompak yang diisi gas lembam dan sedikit unsur halogen seperti iodin dan bromin. Lampu yang terbuat dari kawat tungsten dan gas ini biasa digunakan sebagai lampu sorot.
Fungsi dari Lampu Halogen adalah untuk membalik reaksi kimia penguapan wolfram dari filamen, karena pada lampu pijar biasa serbuk wolfram ditimbun pada bola lampu.
  • Lampu LED ( Light Emitting Diode )
Lampu LED adalah lampu yang sangat hemat energi dan juga aman digunakan. Lampu ini mudah diaplikasikan dalam berbagai susunan bentuk karena ukurannya yang sangat kecil.
  • Lampu Pijar ( Lampu Incadescent )
Lampu Pijar atau lampu incadescent adalah sumber cahaya buatan yang dihasilkan melalui penyaluran arus listrik yang melalui filamen yang memanas kemudian menghasilkan cahaya. Lampu ini akan menyala apabila arus listrik mengalir di kawat yang terdapata di dalamnya.
Selain dimanfaatkan cahayanya, lampu ini juga biasa dimanfaatkan panas yang dihasilkannya, seperti pada alat penetas telur.
  • Lampu Fluorescent ( Tubular Lamp )
Lampu ini termasuk lampu hemat energi karena bisa menghasilkan cahaya yang lebih terang dari lampu pijar dengan watt yang sama. Lampu Fluorescent memiliki beberapa jenis, antara lain :
a). Linear Fluorescent
Linear Fluorescent juga disebut Lampu Tubular Panjang, diperkenalkan sejak 1950.
b). Non-Linear Fluorescent
Non-Linear Fluorescent memiliki berbagai bentuk kurva, seperti melengkung, melingkar dan sejenisnya.
c. Compact Fluorescent ( CFL )
Compact Fluoresvcent terdiri dari 2 jenis, yaitu self-ballasted lamp, lampu ini bisa langsung dipasang di fitting ulir biasa. Yang satunya adalah bukan self-ballasted lamp, lampu ini harus dipasang dengan fiting khusus seperti linear fluorescent namun lebih ringkas..

Sekian yang bisa admin rangkumkan, jika ada kritik dan saran silahkan tulis di kolom komentar..

Wassalamu'alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh

diolah dari : Prakarya Kelas VIII kurikulum 2013 th 2014


Back To Top