Bahaya dan Manfaat Root pada Android

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh

Kali ini admin akan share hal yang berkaitan dengan pengguna android, yaitu root.. hampir semua kalangan pengguna android tau apa yang namanya root.. atau mungkin anda belum tahu apa itu root ? Secara sederhana root ( baca : rooting ) adalah cara agar android anda memiliki akses root ( baca : akses sampai akar-akar systemnya ). Jadi anda bisa sesuka hati mengedit sistem android anda tanpa adanya block oleh google. Karena pada umumnya perangkat android dari pertama dibeli ( baca : kondisi baru ) tidak memiliki akses root, sehingga pengguna hanya bisa menggunakan ponsel tersebut pada fungsi yang sewajarnya saja, namun setelah di root, anda bisa mengubah / menggunakan / mengotak-atik android anda meskipun mengedit sistem sekalipun.
Google and the Google logo are registered trademarks of Google Inc., used with permission.

Setelah ponsel anda di root, anda akan mendapat keuntungan berupa :

1. Bisa menghapus aplikasi sistem yang tidak berguna

Seringkali, banyak app google atau bawaan vendor yang mungkin kita tidak akan menggunakannya,.dengan ponsel berkeadaan root, anda bisa meng-uninstall app tersebut. Bisa dengan software ( /system/app remover << cari di google play ) dan anda bisa menghapus sendiri app tersebut dengan root explorer atau file explorer yang mempunyai izin akses root.

2. Bisa mengotak atik OS bahkan sampai ke tingkat kernel dan mengubah ram

Di android, ada yang istilahnya customrom.. apa itu customrom ?? customrom adalah rom yang dibuat ( bisa juga diolah dari rom bawaan yang dimodifikasi ) untuk mereplace stockom ponsel anda, biasanya customrom hadir dengan berbagai tampilan menarik dan memberikan fitur lebih pada ponsel anda. Dengan kondisi HP yang telah di-root, anda bisa mengaplikasikan customrom tersebut ( anda bisa cari custom rom yang cocok untuk ponsel anda di google....
Selain itu, anda juga bisa mengubah sistem sehingga memungkinkan untuk fungsi yang mirip untuk menambah ram ( baca : swap ) dan bahkan overclock processor anda.

3. Bisa menginstall aplikasi di memori eksternal

Dengan root, anda bisa mengubah data apk anda ke eksternal dengan bantuan software..

Kerugian / Bahaya root :

1. Garansi Ponsel Hilang

Karena rooting merupakan aktivitas yang mengubah sistem android, maka garansi akan hangus karena rooting merupakan salah satu point yang menyebabkan garansi hangus.

2. Bahaya software / file jahat yang bekerja pada ponsel tanpa diketahui

Karena ponsel telah diroot maka, app dapat mengubah sistem aplikasi anda, hati-hati apabila ada aplikasi jahat yang memanfaatkan fitur tersebut dengan menggunakan izin palsu.. beberapa aplikasi mungkin dapat ditangkal oleh superuser/supersu namun bila app tersebut pake izin palsu mungkin itu akan hal yang berbahaya bagi ponsel anda.

Sekian yang dapat admin sampaikan, bila ada kritik dan saran silahkan tulis di komentar

Wassalamu'alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh
Tag : Android
Back To Top