Penyebab Asus Zenfone Cepat Panas

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Asus Zenfone merupakan salah satu produk keluaran pabrikan ASUS yang sangat terkenal. Spesifikasinya yang mumpuni namun ditopang dengan harga yang tergolong murah di kelasnya, membuat produk ini memiliki daya tarik tersendiri. Namun, tidak ada yang sempurna kecuali Allah Swt. maka Asus Zenfone pun memiliki kekurangan, yang paling menonjol adalah perangkat cepat panas. Apakah penyebabnya ? Bagaimana solusinya ? Mari simak ulasan 
berikut ini.

sumber : pixabay.com

Penyebab

1. Kinerja perangkat yang berlebihan
Terkadang kita lupa bahkan tidak mengetahui fungsi Boost RAM yang secara default lokasinya berada di bilah notifikasi, jadi, banyak aplikasi yang mungkin belum kita tutup dengan sempurna masih terbuka di latar belakang. Semakin banyak aplikasi membuat kinerja perangkat semakin keras bahkan berlebihan.

2. Penggunaan perangkat pada tempat yang panas
Mungkin terdengar sederhana, namun ternyata juga sangat berpengaruh. Kalor berpindah dari tempat bersuhu tinggi ke suhu yang lebih rendah, maka apabila kita menggunakan perangkat di tempat yang sangat panas, misalnya di bawah terik matahari, kalor pun berpindah dari cahaya matahari ke perangkat Anda.

3. Terlalu banyak aplikasi sosial media
Kebanyakan dari aplikasi sosial media, selama masih terkoneksi dengan internet, maka aplikasi masih terus terhubung sehingga kita dapat menerima pesan atau notifikasi dari sosial media tersebut, apabila terlalu banyak maka kinerja perangkat semakin keras dan perangkat menjadi semakin panas.

4. Banyak kotoran masuk ke dalam perangkat
Mungkin ini yang paling sering disepelekan, yaitu debu yang masuk ke dalam perangkat. Debu berukuran sangat kecil dan bisa melalui celah-celah terutama lubang-lubang di perangkat kalian. Jika terlalu banyak debu yang menyumbat, sirkulasi pun menjadi terganggu sehingga panas terperangkap di dalam.

5. Tidak menggunakan baterai orisinal
Mungkin hal ini tidak akan dialami bagi pengguna Asus Zenfone 4, 5, dan 6. Namun bagi yang memiliki perangkat removable battery jangan menggunakan baterai selain baterai orisinal, karena jika kita malah salah memakai kualitas yang buruk atau tidak cocok, membuat baterai tersebut panas dan perangkat juga ikut panas.

Solusi

1. Boost RAM secara berkala.
2. Gunakan perangkat pada tempat yang wajar saja.
3. Anda bisa memanfaatkan fitur Auto Start Manager pada perangkat ASUS Anda.
4. Bersihkan bagian dalam perangkat secara berkala.
5. Selalu gunakan baterai orisinal.

Ulasan di atas hanya berdasarkan opini saya saja, untuk informasi lebih rinci mengenai penyebabnya, bisa hubungi ASUS Service Center di kota terdekat. Semoga bermanfaat.
Back To Top